Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut

Hallo Sahabat Resep Masakan Maknyus, Apa kabar Anda Hari ini? .Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan praktekkan. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Kue Basah, Artikel resep kue, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan praktekkan. Baiklah, Selamat membaca.

Judul : Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut
link : Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut

Baca juga


Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut

Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut | Resep Buntik - Bika ambon merupakan salah satu makanan kue asal Indonesia. Terbuat dari berbagai macam bahan seperti gula, telur, dan santan. Bika ambon dijual dengan banyak varian rasa seperti bika ambon rasa keju, durian, coklat, dan aroma pandan yang wangi. Makanan khas Medan ini mampu bertahan sampai empat hari, lebih dari itu biasanya bika ambon akan mengeras. Kue khas Medan ini tidak kalah enaknya dengan kue pukis keju yang istimewa.

Menurut seorang sejarawan dan juga budayawan, Tengku M Muhar Omtatok bahwa kue bika ambon terinspirasi dari kue khas Melayu yaitu Bingka. Selanjutnya oleh orang Medan divariasi dengan tambahan bahan pengembang berupa tuak enau/nira sehingga menghasilkan rongga-rongga kecil yang khas. Selain itu, menurut beliau, kue ini disebut bika ambon karena pada waktu itu pertama kalinya dan sangat terkenal di simpang Jalan Ambon, Sei Kea, Medan.

Bagi buntik yang sedang berlibur di Kota Medan, Sumut. Jangan lupa mampir di Jalan Mojopahit yang berada di daerah Medan Petisah. Di Jalan ini ada banyak sekali toko yang menjual bika ambon. Konon, diperkirakan nama bika ambon ini muncul karena dari kebiasaan masyarakat yang terdahulu baru kenal bika ambon yang berada di jala ambon, Medan. Sehingga nama bika ambon sekarang sudah menjadi tradisi seiring dengan populernya industri makanan ini.

Bagaimana? mau mencoba bika ambon? sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Medan untuk menikmati kelezatan kue bika ambon ini. Sekarang buntik bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut admin bagikan resep cara membuat bika ambon yang enak dan lembut.

Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut
Bika Ambon Khas Medan


Resep cara membuat bika ambon enak lembut


Bahan-bahan :
  • 30 gr tepung terigu, protein rendah
  • 60 ml air
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 250 gr gula pasir
  • 6 butir kuning telur
  • 2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
  • 250 gr tepung tapioka
  • 400 ml santan
  • 1 lbr daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 1 lbr daun pandan
  • Pewarna makanan kuning, secukupnya

Cara membuat bika ambon enak :

  1. Campur tepung terigu, ragi, dan air sampai tercampur rata. Kemudian diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang.
  2. Masukkan kuning telur, gula pasir, vanili, dan garam, lalu kocok sampai kental dan mengembang. Satukan dengan adonan tepung terigu. Kemudian aduk rata.
  3. Tambahkan tepung tapioka sedikit-sedikit pada adonan tadi. Aduk rata hingga tak berbutir.
  4. Masak santan, daun pandan, serai, dan daun jeruk sampai matang. Dinginkan. Tuang pewarna ke dalam adonan, aduk rata. Lalu diamkan selama 3 - 4 jam.
  5. Panaskan cetakan, olesi dengan minyak atau margarin. Tuang adonan ke dalam cetakan. Panggang sampai matang. Angkat, potong-potong, sajikan.

Hemm,, kini bika ambon bisa buntik nikmati tanpa harus pergi jauh membeli bika di Medan. Lebih ekonomis, higienis dan mudah untuk di buat. Itulah sedikit berbagi resep bika ambon yang enak dan lembut. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut

Cukup disini artikel Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan bisa dipraktekkan. Baiklah, sampai jumpa di postingan resep lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut dengan alamat link http://resepharianmakyus.blogspot.com/2015/03/resep-bika-ambon-enak-dan-lembut.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bika Ambon Enak Dan Lembut"

Posting Komentar