Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut

Hallo Sahabat Resep Masakan Maknyus, Apa kabar Anda Hari ini? .Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan praktekkan. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Kue Basah, Artikel resep kue, Artikel Singkong, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan praktekkan. Baiklah, Selamat membaca.

Judul : Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut
link : Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut

Baca juga


Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut

Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut - Salah satu bahan utama dari resep kue mangkok ini adalah tape singkong, yaitu tape singkong yang sebelumnya sudah difermentasi. Makanan tradisional yang satu ini sangat begitu populer di semua tempat di Jawa, mulai Jawa Timur hingga Jawa Barat (peuyeum). Sumber wikipedia. Kue ini tidak kalah enak dengan kue semprit yang lembut.

Ada beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh jika anda mengonsumsi tape singkong ini yang di kutip oleh dilihatya.com, diantaranya yaitu membantu mengatur tekanan darah, sebagai sumber serat, sumber karbohidrat, menurunkan resiko osteoporosis, menurunkan kerusakan pada saraf otak, dan mencegah anemia.

Kue mangkok ini terbuat dari tape singkong yang manis dan juga teksturnya lembut, sangat cocok untuk anda sajikan saat kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Dari dahulu sampai sekarang, salah satu kue tradisional ini masih begitu banyak diminati oleh orang Indonesia karena rasanya yang legit di lidah. Berikut admin sajikan resep kue mangkok tape singkong yang enak dan lembut.

resep kue mangkok/mangkuk tape singkong, cara membuat kue mangkok, resep kue mangkok tape, enak lembut
Kue Mangkok Tape Singkong


Resep kue mangkok tape singkong enak lembut


Bahan-bahan :
  • 75 gr tepung terigu
  • 175 gr tepung beras
  • 100 gr tape singkong manis dan matang, haluskan
  • 200 gr gula pasir
  • 125 ml air panas
  • 175 ml air dingin
  • 125 ml air soda atau sprite
  • 1 sdt baking powder (BP)
  • Pewarna makanan jambu merah, atau sesuai selera, secukupnya

Cara membuat kue mangkok tape singkong :

  1. Campurkan tepung terigu dan air panas sampai halus, sisihkan.
  2. Campurkan tepung beras dengan air dingin, aduk atau di remas sampai tercampur rata. Kemudian masukkan gula pasir dan tape yang sudah dihaluskan tadi. Lalu aduk-aduk menggunakan tangan 8 - 10 menit sampai adonan terasa licin.
  3. Tambahkan adonan tepung terigu tadi ke dalam adonan tepung beras sedikit-sedikit, sambil di uleni terus menerus sampai tidak ada adonan yang menggumpal.
  4. Tambahkan air soda dan BP, aduk sampai tercampur rata. Kemudian tetesi adonan dengan pewarna makanan, secukupnya.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh. Kemudian kukus selama 25 menit. Angkat, sajikan hangat.

Tips :
  • Lapisi penutup kukusan dengan kain bersih, agar uap air hasil pengukusan tidak menetes ke kue.
  • Jangan langsung buka penutup kukusan, tunggu sampai 20 menit agar kue mangkok mengembang.

Hemm,, bagaimana? mudah dan gampang bukan resep dan cara membuatnya. Mau mencoba kue mangkok tape singkong ini di rumah? silahkan anda catat resepnya dan praktekkan di rumah ya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut

Cukup disini artikel Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan bisa dipraktekkan. Baiklah, sampai jumpa di postingan resep lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut dengan alamat link http://resepharianmakyus.blogspot.com/2015/01/resep-kue-mangkok-tape-singkong-enak.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Mangkok Tape Singkong Enak Lembut"

Posting Komentar