Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak

Hallo Sahabat Resep Masakan Maknyus, Apa kabar Anda Hari ini? .Kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan praktekkan. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Masak Pemula, Artikel resep masakan, Artikel Tempe, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan praktekkan. Baiklah, Selamat membaca.

Judul : Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak
link : Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak

Baca juga


Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak

Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak | Resep Buntik - Salah satu panganan yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini sudah begitu banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia, khususnya daerah Yogyakarta tepatnya di Matraman. Bacem atau baceman kata orang Jogja bilang namanya. Orang Yogyakarta biasa mengolah tempe bacem ini dengan cita rasa yang manis. Istilah bacem yaitu yang berarti di rendam ke dalam air garam atau air gula yang bertujuan agar bahan makanan menjadi tahan lama dan awet.

Bacem tempe atau bacem tahu biasanya disajikan hangat dengan nasi. Di daerah lain, seperti Kaliurang, Yogyakarta, tempe bacem dikenal dengan sebutan "jadah bacem". Apa sebutan di daerah buntik? Apakah sama atau berbeda?

Sedikit tips dari resepbuntik.com sebelum kita memasak tempe bacem. Berikut tipsnya yang dikutip dari Wikipedia :

Terkadang tempe bacem juga ada yang rasanya tidak gurih dan berbau langu. Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti kualitas tempe yang kurang baik. Tempe merupakan makanan olahan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan dengan ragi. Kualitas ragi inilah yang akan mempengaruhi kualitas dari tempe.

Untuk meminimalisir bau tempe yang kurang sedap, kuncinya ada pada awal pengolahan tempe. Ketika menyiapkan air rebusan, masukkan tempe dengan daun salam dan garam terlebih dahulu sebelum memasukkan bumbu-bumbu lainnya. Selanjutnya, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat Anda dapat menggunakan air kelapa untuk merebus tempe dan bumbu-bumbu lainnya. Penggunaan air kelapa juga akan melembutkan tekstur tempe, sehingga pada saat disantap tempe tidak akan terasa keras.

Baik, berikut resep cara memasak menu tempe bacem yang enak dan mudah untuk buntik coba di rumah.

Berbagi resep masakan olahan tempe yaitu Tempe Bacem, Cara Memasak Tempe, Cara Memasak Tempe Bacem, Menu Tempe yang enak dan mudah, cara membuat tempe bacem
Tempe Bacem


Resep cara memasak menu tempe bacem enak


Bahan-bahan :
  • 750 gr tempe, potong tebal
  • 600 gr gula merah
  • 900 ml air kelapa
  • 2 cm laos, memarkan
  • 4 lembar daun salam
  • Minyak goreng, secukupnya

Bahan bumbu halus :
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt jintan
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 sdt garam

Cara memasak menu tempe bacem :

  1. Masukkan tempe yang sudah di potong tadi ke dalam panci. Kemudian tuang air kelapa, laos, gula merah, bumbu halus, dan daun salam. Masak sampai air meresap.
  2. Siapkan minyak panas. Lalu goreng tempe yang sudah di masak tadi sampai berwarna kuning kecoklatan ke dalam api sedang. Angkat, tiriskan. Sajikan dengan nasi putih.

Hemm,, kini sajian khas Yogyakarta sudah bisa buntik sajikan saat santap bersama keluarga tercinta. Itulah sedikit berbagi resep cara memasak menu tempe bacem yang enak dan mudah. Jangan lupa bagikan ke buntik lainnya ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak

Cukup disini artikel Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan bisa dipraktekkan. Baiklah, sampai jumpa di postingan resep lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak dengan alamat link https://resepharianmakyus.blogspot.com/2016/01/resep-cara-memasak-menu-tempe-bacem-enak.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Memasak Menu Tempe Bacem Enak"

Posting Komentar